Selasa, 29 Desember 2009

membuat ice cream strawberry

Es_krim

Ingredients:
Bahan :
- 3 kotak susu cair rasa strawberry @200ml
- 150 gram whip cream bubuk (Mimi pakai merk Pondan)
- 3 kuning telur
- 2-3 sdm gula, atau sesuai selera
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt agar-agar bubuk warna merah atau putih
- 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
- 1 pak buah Strawberry segar (lupa beratnya berapa gram, pokoknya 1 pak plastik yg dijual di carrefour itu lah...), sebagian diblender halus sebagian lagi dicincang kasar.

Directions:
Cara membuat :
- Dinginkan 1 kotak susu dalam kulkas
- Kocok kuning telur lalu campurkan dengan sebagian susu.
- Rebus sisa susu dengan gula, agar-agar & garam. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk. Matikan api begitu hampir mendidih
- Tambahkan larutan telur dan larutan maizena, aduk rata. Lalu masak lagi dengan api kecil. Matikan api dan biarkan dingin pada suhu ruang.
- Setelah dingin tambahkan strawberry yg sudah dihaluskan, aduk rata lalu simpan di kulkas (bawah) selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengental.
- Keluarkan adonan dari kulkas dan diblender halus. Masukkan strawberry yg dicincang (jangan diblender lagi)
- Sementara itu kocok whip cream dengan susu yg sudah didinginkan sampai whip cream kaku. Setelah whip cream kaku masukkan adonan yg sudah diblender tadi sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai rata
- Voilaaa...es krimnya sudah jadi, simpan di freezer sebentar sebelum dihidangkan

nah ini tipsnya supaya es krimnya langsung jadi dan siap santap (nggak perlu simpan di freezer dulu). Pengocokan Whipcream & adonan sebaiknya dilakukan dalam wadah yg di tempatkan pada wadah yg lebih besar (kebayang gak?) Jadi pada wadah yg besar diletakkan pecahan es batu yg dicampur garam kasar, baru di dalamnya diletakkan lagi wadah yg lebih kecil sebagai tempat pengocokan whipcream. Dengan begini adonan lebih cepat beku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar